MELEPAS RAIHAN ADHIPRATAMA ARVI KE KANADA

Kategori: Prestasi, dipublish pada 30 Agustus 2022 Bagikan

Salah satu kebanggaan seorang guru adalah saat melihat murid-muridnya berhasil dan berprestasi melalui ilmu-ilmu yang diajarkannya. Para guru juga berharap agar murid-muridnya mendapatkan pencapaian yang tinggi sehingga ilmu yang diajarkannya semakin berkembang dan bermanfaat. Raihan Adhipratama Avi, adalah salah seorang siswa yang berhasil membuat bangga guru-gurunya tersebut, juga pasti kedua orang tuanya dan sekolahnya SMAN 1 Sumatera Barat.
 
Raihan adalah lulusan dari SMAN 1 Sumatera Barat tahun 2022 dan berhasil diterima di dua perguruan tinggi bergengsi di Kanada yaitu university of Toronto di Toronto dan The University of British Columbia di Vancouver yang akhirnya dipilihnya. Selama menjadi mahasiswa di sana, Raihan akan diberi beasiswa sekitar 1800 dollar per tahunnya yang bisa digunakan untuk sewa apartemen, biaya hidup, kebutuhan buku dan lain sebagainya.
 
Cerita bermula dari undangan untuk mengikuti seleksi penerima beasiswa Indonesia Maju yang baru diadakan oleh pemerintah untuk pertama kalinya di tahun ini. Program beasiswa ini diperuntukkan bagi para pemenang dan finalis ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN) dan Kompetisi Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI). Raihan diundang sebagai peraih medali perak pada ajang KOPSI 2021 dengan judul SocialCam : Sistem Detektor Penerapan Social Distancing Real-Time Menggunakan Kamera Berbasis Algoritma Deep Learning YOLOv4 Sebagai Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Fasilitas Umum. Setelah melewati berbagai tahapan seleksi akhirnya diputuskan bahwa Raihan menjadi salah seorang penerima beasiswa Indonesia Maju tahun 2022.
 
Sebagai penghargaan, sekaligus untuk memotivasi adik-adiknya di SMAN 1 Sumatera Barat, sekolah mengundang Raihan untuk mengikuti upacara bendera pada tanggal 8 Agustus 2022. Selesai upacara diadakanlah acara pelepasan Raihan menuju The University of British Columbia secara sederhana. Ibu Surya Netti sebagai kepala sekolah memberikan apresiasi atas pencapaian Raihan dan berpesan agar berprestasi setinggi mungkin dengan tidak melupakan akar yang telah ditanamkan di SMAN 1 Sumatera Barat.

KONTRIBUTOR

Indra Sari Chaniago

Seorang guru yang menyenangi bahasa, terutama bahasa matematika dan bahasa pemrograman.

BERITA TERBARU

SMAN 1 SUMATERA BARAT MENGADAKAN SEMINAR MOTIVASI UNTUK MEMBENTENGI PELAJAR DARI PERGAULAN BEBAS DAN LGBT


SMAN 1 SUMATERA BARAT STUDI TIRU KE SMAN UNGGUL MH THAMRIN JAKARTA


SMAN 1 SUMATERA BARAT STUDI TIRU KE MAN IC SERPONG


MKKS SMA KABUPATEN BENGKALIS MENGUNJUNGI SMAN 1 SUMATERA BARAT


ANGGUN, PEMENANG UNI BASIBA SMA SE PABASKO