LOKAKARYA GURU DAN PEGAWAI SMAN 1 SUMATERA BARAT SEPAKATI BEBERAPA KOMITMEN BERSAMA

Kategori: Kegiatan Kurikulum, dipublish pada 14 Juli 2023 Bagikan

Sesuai dengan program kerja SMA Negeri 1 Sumatera Barat guru dan pegawai telah melaksanakan Lokakarya. Kegiatan lokakarya dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pertama pada tanggal 20-22 Juni tahun 2022 dan tahap kedua 12-13 Juli 2022 yang bertempat di ruang pertemuan sekolah ini. Peserta yang hadir adalah seluruh guru dan pegawai termasuk pembina asrama dan satpam. Selain itu juga dihadiri oleh undangan dari Cabdin, Pengawas dan Pengurus Komite sekolah. Nara sumber yang hadir pada tahap pertama adalah Dra. Netri dari SMAN 1 Kamang dan tahap kedua yaitu Lili Suryani, M.Pd. dari SMAN 1 Batang Anai.

Acara lokakarya dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Wilayah I yang diwakili oleh Korwas SMA/SMK Kota Padang Panjang Bapak Syamsul Anwar, S,Pd., M.M. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal antara lain guru dan pegawai harus memahami tentang perubahan SNP (Standar Nasional Pendidikan) yang terbaru. Ketentuan tentang SNP telah berubah dari PP Nomor 57 tahun 2021 menjadi PP Nomor 4 tahun 2022.

Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 4 tahun 2022 Tentang Perubahan PP Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan ini . Standar Nasional Pendidikan berdasarkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu perubahan lain adalah tentang SKL dan struktur kerangka kurikulum. Perubahan ini juga dalam rangka menyambut pelaksanaan kurikulum merdeka.

Hal lain yang disinggung oleh Pak Korwas adalah tentang RKAS agar dibuat secara bersama, untuk setiap kegiatan buatlah perencanaan secara matang, benahi plang merk sekolah yang telah tetutup, drainase, toilet, adakanlah lomba kebersihan antar kelas, masjid agar penuh setiap waktu sholat, PPDB, PKB dan PMO (Penguatan Managemen Operasional). Buatlah terobosan-terobosan baru di sekolah.

Selanjutlah pemateri dari Pengawas SMA/SMK Propinsi Sumatera Barat wilayah Kota Padang Panjang yaitu Rini Lesmana, M.Pd., menyampaikan tentang evaluasi kegiatan. Lokakarya adalah ajang untuk mengevaluasi semua kegiatan yang telah dilaksanakan di sekolah ini. Perbarui komitmen, lengkapi perangkat mengajar, disipin kerja, SKP, KOSP dan jurnal guru sebagai pengganti e-Kinerja.

Pada hari kedua kegiatan lokakarya diisi oleh pemateri Dra. Netri dari SMAN 1 Kamang. Beliau menyampaikan tentang kurikulum mardeka yaitu CP, ATP, Modul Ajar.

Pada hari pertama tahap kedua, lokakarya diisi oleh Kepala sekolah Surya Netti, S.Pd., wakil kurikulum Lidya Devega Sulfan, S.Pd., wakil kepala sekolah bidang kesiswaan yaitu Febriace S.Pd., dan beberapa kepala unit seperti kepala labor dan Pustaka.
 
Selanjutnya pada hari terakhir pemateri dari SMAN 1 Batang Anai yaitu Ibuk Lili Sryani, M.Pd. Beliau menyampaikan tentang dasar hukum pelaksanaan kurikulum mardeka, asessmen, KKTP bahkan sampai kepada pengolahan asessmen untuk rapor. 

KONTRIBUTOR

Diwarman Chaniago

Pengampu mata pelajaran kimia di SMAN 1 Sumatera Barat. Beliau adalah guru berprestasi yang telah menerbitkan beberapa buku dan tulisan-tulisan ilmiah maupun populer.

BERITA TERBARU

Wisuda Tahfidz dan Perpisahan Kelas 12


SMAN 1 Sumatera Barat mengadakan camp tahfiz di Masjid Manarul Ilmi Padang Panjang


Penerimaan Peserta Didik Baru 2024


Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) 2023


Sabrian Maulana Akbar Mengikuti Indonesia Student Leadership Camp XII 2023